Deretan nama-nama terkenal soto di Yogyakarta, www.jogja-sewamobil.com – Makan di Yogyakarta tidak hanya makan Gudeg saja ya gaes. Ada kuliner lain yang bisa kamu nikmati lho sebagai menu sarapan atau menu pemadam kelaparan kamu. Salah satu makanan tersebut adalah Soto. Siapa yang tidak kenal soto? Hidangan hangat dengan kuahnya yang segar serta isiannya yang komplit termasuk nasinya bila termasuk soto campur, nyatanya Jogja mempunyai itu semuanya. Ada 10 Soto Enak di Jogja yang bisa menjadi rekomendasi kuliner Anda. Berikut Deretan Soto Jogja yang bisa anda pilih ketika ingin merasakan segernya kuah di siang hari yang membakar kulit.
  1. SOTO BATHOK MBAH KATRO
Kalau menikmati soto mau pakai mangkong unik dari tempurung kelapa alias bathok, ini dia tempatnya Soto Bathok Mbah Katro. Rasanya sudah pasti tidak diragukan lagi. daging sapinya empuk, segar, dan juga tidak berlemak. Rasa yang sesuai dengan kuahnya yang terlihat cukup bening. Nuansa di warung soto ini juga sejuk yang berlokasi di dekat persawahan atau pedesaan. Nah kenikmatan haqiqi banget kan? lokasinya berada di Jalan Candi Sambisari, Purwomartani, Yogyakarta. Jam bukanya mulai jam 7 pagi hingga jam 4 sore. Untuk harganya sendiri mulai dari Rp. 5.000.
  1. SOTO AYAM KAMPUNG PAK DALBE
Soto Pak Dalbe ini terbilang cukup nyempil yang mana ukuran warungnya kecil. Namun soto ini selalu ramai dan banyak pembeli yang menyatap soto di luar warung alias di trotoar. Nikmatnya soto pak Dalbe ini berada di kuahnya yang gurih. Berani coba? Jika berminat bisa mengunjungi lokasinya yang berada di Jalan Babarsari, Catur Tunggal, Sleman, Yogyakarta. Soto ini sendiri dibuka mulai jam 6 pagi hingga jam 2 siang. Untuk harga makanannya mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 10.000.
  1. SOTO SAPI PAK SYAMSUL
Soto enak di Jogja berikutnya adalah soto daging ala pak Syamsul terbilang cukup istimewa. Potongan dagingnya di soto ini cukup banyak. Selain itu kamu juga bisa memesan berbeda ukuran baik ukuran biasa maupun ukuran jumbo. Kompisinya sendiri ada daging sapi, nasi, tauge, potongan daging segar, dan juga daun bawang. Kuah beningnya tetap membuat segar.
  1. SOTO PAK MARTO
Soto Pak Marto terbilang cukup legendaris gaes. Lokasinya berada di Jalan S.Parman yang berada di samping kali. Biasanya yang berkunjung ke soto ini tidak hanya yang berkendaraan motor saja namun juga mobil. Soto legend ini memang mempunyai ciri khas kuahnya yang bening dan lebih menonjolkan sotoo daging sapi sebagai aliran cita rasa soto. Untuk pilihan tambahannya juga cukup lengkap sampai ada jeroan sapinya. Yakin ngga nyobain? Kunjungi saja di Jalan Sukonandi Nomor 9, Semaki, Umbuharjo. Jam bukanya mulai dari pukul 06.30 hingga pukul 16.00. harga makanannya juga murah mulai dri Rp. 2.000 hingga Rp. 12.000.
  1. SOTO AYAM PAK GARENG
Pada awalnya mungkin soto ini tidak memiliki perbedaaan dengan soto lain pada umumnya. Namun soto pak Gareng ini rupanya terdapat potongan Lenthok yakni sejenis prekedel yang terbuat dari ketela dan mempunyai kelezatan yang nikmat dan gurih dengan rasanya yang nikmat. Kuah sotonya cukup berminyak namun tetap lezat.
  1. SOTO SIMBOK
Warung Soto Simbok ini memang legendaris di kalangan mahasiswa. Spesialnya di soto ini adalah adanya mangkuk piring sebagai alasnya. Kemudian banyaknya cabang juga harganya yang murah sering dijadikan buruan mahasiswa kalangan anak kos.
  1. SOTO LAMONGAN HIJROH
Soto Lamongan Hijroh ini masuk ke dalam kategori soto enak di Jogja berikutnya. Mempunyai keunikan dan ke khasan soto yakni dengan koya sebagai khas Lamongan. Kuah yang memiliki cita rasa rempah berpadu dengan irisan ayam kampung dna potongan telur ayam rebus, nasi, kobis, dan juga bihun. Banyak yang mengatakan soto lamongan Hijroh ini merupakan soto lamongan paling enak di Jogja. Untuk alasan penamaannya sendiri diambil dari proses sang pemilik yang ‘hijrah’ dari masa Bandar judi dan beralih ke jualan soto agar berpenghasilan halal. Tidak heran jika yang melayani menggunakan kemeja rapi.
  1. SOTO AYAM KAMPUNG PAK PARMO
Lokasinya berada di barat stadion Kridosono. Soto ayam kampung ini laris dikunjungi saat jam makan pagi. Soto yang begitu gurih disajikan dengan potongan daging ayam yang cukup banyak. Sebagai teman hidangan adalah jeroan sate yang selalu cepat dihabiskan. Bagaimana?
  1. SOTO KADIPIRO
Soto legend berikutnya ini berdiri sejak tahun 1921 yang menjadi salah satu ikon kota Jogja. Lokasinya berada di tengah kota sehingga tidak sulit untuk menjangkaunya. Tidak sedikit wisatawan yang berasal dari luar kota Jogja berkunjung ke soto legend ini. Makanan lezat yang istimewa ini biasa ditemani dengan minuman spesial Limun Sarsaparilla, sebuah minuman bersoda khas Jogja yang hampir punah. Bagaimana? Cukup tertarik.
  • SOTO PAK SHOLEH
Soto pak Sholeh merupakan soto-soto yang berhasil memberikan racikan bumbu yang pas dengan daging ayam. Racikannya memang terdapat bihun, kecambah, wortel, daun bawang, irisan daging sapi, dan juga bawang goreng yang membuat rasa semakin mantap. Oleh karena itu soto ini menjadi salah satu soto favorit di Jogja yang perlu kamu coba.
Baca juga artikel kami yang lain mengenai kuliner di Jogja seperti Tongseng Kelelawar. Kami juga menyediakan pelyanan jasa Sewa Mobil Jogja dengan berbagai jenis kendaraan sesuai dengan kebutuhan anda. Untuk anda yang mau liburan di Jogja kami menawarkan Paket Wisata Jogja dengan durasi yang bisa di sesuaikan dengan liburan anda