Wisata Di Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul, www.jogja-sewamobil.com – Banyak gunung merapi di dunia ini yang sudah tidak aktif atau sudah mati. Salah satunya bisa kita jumpai saat berkunjung ke provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang berada di kabupaten Gunung Kidul. Letaknya dari pusat kota kira-kira 2 jam perjalanan. Tapi anda tidak akan kecewa jika berkunjung ke Gunung Api Purba Nglanggeran. Gunung ini selain untuk penelitian juga sudah di buka untuk tempat wisata. Pemandangan di kawasan ini masih asri dan bagus.

Gunung Purba Nglanggeran menjadi daerah yang memiliki daya tarik para wisatawan yang mau merasakan sensasi yang berbeda dari tempat wisata lainnya. Pasalnya tempat ini memerlukan perjalanan yang extra untuk sampai di tempat ini. Yaitu anda harus mendaki bukit untuk menikmati pemandangn bukit-bukit gamping yang terlihat gersang dan hiasan pohon hijau yang seolah memanjakan mata.

This image has an empty alt attribute; its file name is Lintang-sewu-bukit-jogja.jpg

Alamat Dan Harga Tiket Masuk Obyek Wisata Gunung Api Purba Nglanggeran

Buat anda yang mau mengunjungi tempat asri ini kami sarankan sebaiknya menggunakan layanan rental mobil Jogja. Karena jarak tempuh tempat wisata cukup jauh dari jangkaun jantung kota Jogja. Alamat Gunung Api Purba Nglanggeran berada di Tlogo, Terbah, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Atau anda bisa memanfaatkan layanan jasa rental mobil Jogja dengan supir yang mana anda akan di pandu dan di antar sampai tempat wisata ini.

Dan anda di untungkan melihat keindahan alam yang indah dan masih asri dengan harga tiket yang sangat murah. Retribusi untuk masuk wisata Gunung Api Purba Nglanggeran hanya Rp. 7.000 untuk sore hari dan Rp. 9.000 untuk malam hari. Tentunya dengan harga tiket segitu murahnya anda yang mau liburan di tempat ini sangat recomend.

Gunung Purba Nglanggeran Juga Menjadi Salah Satu Prioritas Pecinta Alam Untuk Camping

Gunung Purba Nglanggeran yang berada di Gunung Kidul ini tidak pernah sepi dari pengunjung, apalagi saat akhir pekan tiba. Banyak para pencinta alam muda-mudi yang melangkahkan kaki menapaki jalan setapak demi sampai puncak gunung yang sudah tidak aktif untuk mendirikan tenda dan bermalam berselimutkan angin di tempat ini.

Selain panorama yang di suguhkan lokasi ini sangat indah meliputi pesona matahari terbit seperti sunrise dan juga matahari tenggelam atau sunset dan juga melihat bintang yang bersinar berjejer mengukir kenangan malam bersama teman-teman. Gunung Api Purba Nglanggeran juga menjadi tahap awal atau proses latihan bagi pemuda-pemudi yang mau masuk ke organisasi pencinta alam seperti MAPALA.

Selain Tempat Wisata Dan Buat Camping, Gunung Purba Nglanggeran Juga Menjadi Sarana Panjat Tebing

Anak muda jaman sekarang memang berbeda dengan jaman yang terdahulunya. Hal ini sangat terlihat dengan jelas kesibukan kesahariannya atau hobi yang di gemari. Jaman dulu untuk bermain dengan alam nampaknya sangat jarang di lakukan, karena jaman dulu masih kental akan sesuatu yang berbau mistis atau dari segi alat perlengkapan yang tradisional. Berbeda dengan anak muda jaman sekarang yang lebih menyukai atau mempunyai hobi yang berbau tantangan atau biasa di sebut adventure.

Seperti camping yang di lakukan di Gunung Api Purba yang dulu tempat ini merupakan tempat yang masih sepi dari jamahan orang. Selain camping yang bisa di lakukan di gunung yang sudah tidak aktif ini anda bisa melakukan kegiatan rock climbing atau panjat tebing. Kegiatan ini biasanya di lakukan bagi para pecinta panjat tebing dengan medan alam sebagai sarananya. Karena selain tebing asli sebagai sarana panjat tebing ada juga yang terbuat dari papan yang menjulang ke atas. angat cocok digunakan untuk panjat tebing atau rock climbing.

Ada Beberapa Bagian Yang Berada Di Kawaasan Gunung Api Purba Nglanggeran

Ternyata Gunung Api Purba Nglanggeran meiliki beberapa bagian yang terdiri dari gunung-gunung. Yang pertama adalah gunung terbesar yang biasa di sebut dengan Gunung Gedhe. Gunung ini yang sering di jadikan tempat camping para pemuda-pemudi. Yang ke dua adalah Gunung Bongos yang berwarna hitam seperti arang. Kemudian ada Gunung Buchu yang berbentuk lancip, dan di gunung yang sering di jadikan para penghobi olahraga extrim panjat tebing.

Banyak Mitos Yang Terkandung Di Gunung Api Purba Nglanggeran

Walaupun saat ini sudah menjadi obyek wisata dan tidak sepi dari pengunjung, tapi di tempat ini atau di semua tempat manapun anda harus berhati-hati menjaga sopan santun dan tidak berbuat onar. Karena dari cerita masyarakat konon Gunung Api Purba Nglanggeran mempunyai banyak cerita entah mitos atau kenyatan. Tapi warga sekitar menyakini dengan cerita itu seperti Tologo Wungu yang merupakan pemandian bidadari. Dan Tlogo Mardhido yang di sebut sebagai tlogo pemandian kuda sembrani tunggangan para bidadari. Ada juga Pamean Gadhung yang mitosnya ada pohon gadhung yang ujungnya hingga ke Gunung Merapi. Dan masih banyak cerita yang lainnya.

Bagi anda wisatawan dari luar kota Yogyakarta mau mengunjungi tempat wisata Gunung Api Purba Nglanggeran yang akan membooking Rental Mobil Di Jogja mungkin segera di lakukan, mengingat Yogyakarta sangat ramai wisatawan yang datang ke Yogyakarta untuk liburan. Untuk menambah wawasan wisata anda juga bisa Mengunjungi Wisata Anak-Anak Bermain Air Di Grand Puri Waterpark Yogyakarta. Sekian sedikit ulasan tentang Gunung Api Purba Nglanggeran yang berada di Gunung Kidul Yogyakarta, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda tentang tempat wisata yang ada di Yogyakarta.