www.jogja-sewamobil.com – Berada di Yogyakarta dan butuh liburan yang sedikit menjauh dari Yogya? Bisa nih kalian kunjungi Umbul Pengging. Jika di Klaten ada Umbul Ponggok, di Boyolali khusunya di kecamatan Banyudono, Boyolali ini memang cukup jauh yakni sekitar 60 km.

Akses menuju ke Umbul Pengging ini dari kota Jogja bisa arahkan kendaraan menuju ke Jalan Solo ikuti jalan sampai ke Klaten lewat jalan raya Klaten-Boyolali. Kemudian sesampainya di Banyudono arahkan menuju ke Pasar Pengging. Lokasi umbul Pengging ini berada tidak jauh dari pasar dan dekat dengan Indomart.

 

@yacob-ivan

Tiket Masuk Umbul Pengging

Berada di kawasan pedesaan dengan masih banyaknya pohon, Umbul atau kola mini cukup banyak diminati wisatawan local untuk bersuka cita bermain air dan berendam berlama-lama di dalamnya. Tiket masuk menuju ke Umbul Pengging ini dikenakan biaya Rp. 3.300 dan tarif parkir kendaraan roa dua Rp. 2000. Untuk bisa berenang di Umbulnya pengunjung harus menambah Rp. 500 dan jika ingin menyewa ban pelampung harus menambah biaya sebesar Rp. 4.000.

Di lokasi ini ada tiga umbul yang padat diminati yakni Umbul Temanten, Umbul Duda, dan Umbul Ngabean. Umbul Temanten merupakan umbul yang keberadaannya paling luas dan juga paling banyak pengunjugnya. Kedalaman umbul Temanten ini sedalam 2 meter. Dasarnya bukan keramik seperti kolam renang pada umumnya namun batu kali yang bagi yang tidak terbiasa akan membuat kaki sakit tergesek. Di umbul ini juga ada kolam khusus anak yang tentu lebih dangkal daripada kkolam dewasa.

Ada Alasan Penamaan Umbul

Konon ceritanya di Umbul ini ada dua umbul yang terpisah yang mana oleh Paku Buwono X dijadikan satu. Diberi nama Temanten karena diibaratkan seperti pengantin yang hidup rukun dan menjadi satu. Kemudian berikutnya adalah Umbul Duda yang mana umbul ini termasuk umbul yang paling kecil karna hanya setengah meter. Konon dahulu di umbul Duda ini hiduplah seekor kura-kura jantan yang sendirian. Oleh karena itu alasan penamaan umbul ini adalah Umbul Duda.

Terakhir adalah Umbul Ngabean. Umbul Ngabean merupakan umbul yang memiiki nuansa paling sakral dibanding dengan umbul lainnya. Umbul ini dahulunya adalah lokasi pemandian keluarga Raja Kasunanan Surakarta. Kala memasuki umbul ini, adalah foto dari Paku Buwono X dan XI.

Ukuran umbul Ngabean tentu lebih luas daripada umbul Duda namun tetap lebih kecil dari Umbul Temanten. Umbul Ngabean memiliki bentuk lingkaran dengan kedalaman sekitar setenagh meter dan memiliki alas batu kali seperti umbul lainnya. Umbul ini juga merupakan tempat peristirahatan bagi para keluarga raja.

Di umbul ini acapkali digunakan upacara mengawali Padusan yakni upacara mandi sebelum memasuki bulan Ramadhan. Nama Umbul Ngabean ini diambil dari nama Ngabean yakni pangkat dari penjaga Umbul Kasunanan Surakarta.

Bedanya dari Umbul Ponggok yang ada di Klaten, Umbul Pengging ini merupakan kolam alami yang tidak ada ikannya seperti di Umbul Ponggok. Namun kesegaran dari ketiga kola mini dapat dinikmati hanya dengan uang tidak lebih dari Rp. 10.000. Oleh karena itu, tidak heran jika wisata ini banyak dikunjungi oleh anak-anak dan dewasa yang ingin berlibur murah namun tetap bahagia.

Fasilitas Umbul Pengging

Fasilitas yang ada di Umbul Pengging ini terbilang cukup lengkap dari adanya kamar mandi, permainan anak-anak, pemancingan, dan juga warung makan. Selain itu ada juga panggung dangdut yang ada dalam moment tertentu. Baca juga artikel yang lain di Jogja seperti Bermain Air Di Umbul Manten. Kita juga menyediakan jasa sewa mobil di Jogja dan Paket wisata di Jogja dengan harga yang kompetitif banyak pilihan dari durasi dan berbagai macam mobil yang sesuai dengan kebutuhan anda dan kami akan menjadi teman perjalanan anda.