Mengenal Flora Dan Fauna Di Museum Biologi UGM, www.jogja-sewamobil.com – Yogyakarta merupakan kota yang mendapat julukan nama Kota Pelajar memang tidak salah. Hal itu tercipta sudah dari dulu, bukan baru-baru saja. Pada jaman seperti saat ini sandangan nama itu masih terbukti dengan adanya banyak Univeritas yang ada di Provinsi Derah Istimewa Yogyakarta ini. Salah satu tempat yang anda bisa kunjungi untuk program belajar adalah Museum Biologi yang di kelola dan milik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta.

Museum Biologi UGM ini memiliki beraneka ragam flora dan fauna yang ada di Indonesia yang mana telah keadaannya telah mati dan diawetkan. Museum ini juga menjadi lokasi penelitian para dosen dan mahasiswa serta kunjungan wisata siswa sekolah baik dari dalam Yogyakarta maupun luar Yogyakarta. Lokasi museum ini berada di tepi jalan utama pusat kota Yogyakarta.

Alamat Museum Biologi UGM Yogyakarta

Lokasi Museum Biologi yang sangat bermanfaat untuk menambah ilmu pengetahuan ini berada di Jl. Sultan Agung No.22, Wirogunan, Mergangsan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55151. Rute termudahnya menuju ke museum ini yakni dari titik nol kilometer Yogyakarta lurus ke arah timur. Selanjutnya dari perempatan Gondomanan lurus hingga melewati Jembatan Sayidan dan lampu merah Superindo masih lurus hingga dua ratus meter. Posisi museum berada di kanan jalan. Atau buat anda yang tidak ingin repot bisa memanfaatkan layanan Rental Mobil Jogja sebagai sarana transportasi ada berkeliling di Yogyakarta. Karena anda akan di antar dan di pandu samapai tempat ini tanpa susah-susah mencari alamatnya.

Bagi pengunjung yang akan memasuki museum diharapkan melapor ke petugas terlebih dahulu yang mana petugas akan menanyakan maksud dari kunjungan ke museum selanjutnya akan dikenai tiket masuk ke museum. Jika diperlukan ada petugas yang bisa menjelaskan seluruh dari koleksi museum yang ada di Museum Biologi.

This image has an empty alt attribute; its file name is museum-biologi-rental-mobil-jogja.jpg

Museum Biologi UGM Dulunya Mempunyai Nama Zoologicum

Museum Biologi UGM ini mungkin bisa di sebut juga sebagai tempat bersejarah karena museum ini telah dibuka untuk umum sejak 1 Januari 1970. Pada tahun 1964, museum ini di rintis dengan nama Museum Zoologicum untuk koleksi hewan atau fauna dan juga Herbarium UGM untuk koleksi tanaman atau flora. Tanggal 20 September 1969 kemudian dilakukan penggabung kedua koleksi tersebut dan ditetapkan namanya menjadi Museum Biologi UGM hingga saat ini.

Banyak koleksi yang ada di museum ini di ruangan pertama terdapat foto-foto bangunana Museum Biologi Yogyakarta. Kemudian di dekatnya ada beebrapa hewan-hewan mamalia yang berukuran kecil dan diawetkan seperti tupai, bajing, tikus, dan lainnya. Adalah sebuah kerangka hewan yang berhimpitan rupanya adalah kerangka kuda. Sementara itu, ruangan tersendiri yang ada di samping ruangan pertama museum ini terdapat koleksi flora di Indonesia dan juga beberapa berasal dari luar negeri.

Tata Letak Museum Biologi UGM

Bagian dalam museum terlihat kerangka ikan duyung yang diletakkan ke dalam lemari kaca. Adanya kerangka cukup menarik banyak perhatian karena ukurannya yang lumayan besar. Akan tetapi pencahayaan di dalam ruangan ini tidak begitu terang sehingga terlihat remang. Sebelah kanan dari kerangka duyung tersebut adalah koleksi awetan dari kerangka manusia dan binatang.

This image has an empty alt attribute; its file name is museum-yap-paket-wisata-jogja-895x1024.jpg

Di sebuah ruangan yang terdapat awetan binatang berkaki empat ini ada singa, kucing hutan, harimau, dan lain sebagainya. Hewan dengan jenis ikan (pisces) dan amphibi juga dimasukkan ke dalam ruangan. Ikan-ikan yang ditemukan di perairan Indonesia yang memiliki ukuran kecil dimasukkan ke dalam botol kaca yang diberi air pengawet. Ada ragam jenis ullar yang turut melengkapi koleksi museum ini. penyajiannya sebenarnya menarik namun peletakkannya di rak kayu besar mungkin akan lebih menarik jika di etalase kaca.

Adalagi sebuah ruangan yang mempunyai ukuran lebih besar adalah koleksi dari burung (aves) yang cukup lengkap. Penataan lemari kaca kini sudah cukup rapi dan tertata dengan baik. Namun kesannya terlalu penuh karena jaarak lemari kaca dari satu dan lainnya cukup berdekatan.

Ruang paling belakang dari Musuem Biologi agak sedikit kurang menarik karena hanya terdapat lemari besar dan kini berfunsi sebagai gudang penyimpanan. Namun secara keseluruhan Museum Biologi ini cukup menarik untuk menjadi studi keberagaman flora dan fauna yang ada di Indonesia.

Buat anda yang mau berkunjung ke tempat ini atau mau mengexplore tempat-tempat yang bisa menambah wawasan anda bisa memanfaatkan layanan Rental Mobil Di Jogja Murah dengan pelayanan memuaskan. Karena supir kami anda menjadi teman perjalanan anda selama berkeliling di Kota Gudeg ini.