Belajar Lebih Jauh Tentang Isi Bumi Di Museum Geoteknologi Yogyakarta, www.jogja-sewamobil.com – Yogyakarta memang suatu yang sangat istimewa. Semua ada di kota ini mulai dari budaya, tempat wisata, kota pelajar, kota seni dan yang lainnya. Banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi dengan teman-teman atau keluarga yang bervariasi bisa di sesauiakan dengan tema liburan anda. Yang bersama keluarga dan membawa putra-putri liburan di Jogja akan serasa bermanfaat saat anda mengunjungi tempat-tempat edukasi yang bisa menambah ilmu pengetahuan.

Menilik beragam museum yang ada di Yogyakarta pernahkan Anda mengetahui adanya Museum Geoteknologi Mineral Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta? Sebuah museum yang dapat memberikan infomasi menarik bagi pengunjung mengenai geoteknologi dan mineral. Mengenal museum ini adalah mengenal mulai dari ilmu kebumian hingga minyak dan membuktikan kebenaran dari teori Charles Darwin.

Museum Geoteknologi Mineral UPN merupakan museum yang diresmikan oleh Menhankam Jenderal TNI (Purn) Poniman pada 17 Februari 1988. Museum ini berada di Kampus II UPN di Jalan Babarsari. Pada mula sebelum berdirinya museum ini hanyalah koleksi dari bbuah tangan yang dibawa oleh setiap dosen dan asisten. Akan tetapi tahun 1967 hingga 1986 apabila usai pulang dari lapangan maka ada penugasan mengharuskan membawa buah tangan seperti bebatuan, fosil, atau juga bahan galian. Pada akhirnya keseluruhan buah tangan tersebut dikumpulkan dan menjadi koleksi di Museum Geoteknologi UPN.

Koleksi-koleksi yang ada di museum ini cukup banyak antara lain ada mineral, ektit, batuan, foto sayatan batuan, batu mulia, bahan galian, monolit tanah, peta, panel, maket, fosil, patung, lukisan, artefak, CD Film, dan juga Foto.

 

Ada Replika Fosil Trilobite Tetracoral Crinoid Di Museum Goeteknologi UPN

Keseluruhan koleksi yang ada di museum ini sekitar 1.252 buah. Koleksi paling tua di museum ini adalah replika fosil trilobite tetracoral crinoid yang telah berumur 570-230 juta tahun yang lalu. Adapun koleksi unggulannya yakni berupa fosil kepala gajah purba (Maestodon SP) yang diperkirakan telah hidup di masa prasejarah atau masa Pleistosen lebih dari 3 juta tahun yang lalu.

Museum Geoteknologi Mineral (GTM) merupakan museum yang pengelolaannya terbilang sangat baik. Banyak hasil koleksi-koleksi yang ada di museum ini terawatt dengan baik. Pengelola juga memiliki keinginan untuk mengembangkan museum dan seluruh koleksinya. Pengelola juga membuka kesempatan kepada investor terlebih alumni untuk dapat membantu mengembangkan museum yang asetnya sangat berharga mengenai geoteknologi di UPN.

Fasilitas di Museum Geoteknologi Mendukung Kamu Untuk Menambah Pengetahuan

Berkunjung ke museum ini pengunjung juga sangat bisa menikmati fasilitas yang diberikan museum. Fasilitas yang ada di museum Geoteknologi Mineral UPN Yogyakarta ini antara lain ruang pamer koleksi dan ruang audio visual. Ruang Pamer Koleksi di museum ini terdirii dari rung pamer I yang berisi koleksi fosil, jenis-jenis bebatuan, dan juga mineral. Adapun di ruang pamer II adalah maket-maket rekayasa teknologi kebumian. Selain itu pada Ruang Audi Visual, biasanya digunakan sebagai lokasi ppertemuan dan juga pemutaran pada film-film yang berkaitan dengan ilmu kebumian dan rekayasa teknologi ilmu kebumian pertambangan dan perminyakan.

Ingin berkunjung ke museum ini? Anda dapat berkunjung pada pukul 08.00 hingga 14.00 pada hari Selasa hingga Jumat. Sedangkan pada hari Senin, Sabtu, Minggu, dan hari besar lainnya museum ini tutup. Anda juga bisa berkunjung ke museum lain yang ada di Jogja yang tidak kalah menarik seperti museum Sandi, museum dr.Yap, museum Suharto, dan lainnya. Baca juga artikel kami yang lain seputar Yogyakarta seperti Embung Langensari Resapan Air Di Tengah Kota. Kami www.jogja-sewamobil.com adalah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa Rental Mobil Jogja dengan menyediakan berbagai jenis tipe kendaraan. Selai rental mobil kami juga menawarkan khusus bagi anda yang punya tujuan liburan di Yogyakarta dengan menyediakan Paket Wisata Jogja dengan berbagai durasi dan pilihan tempat destinasi wisata yang bervariasi.