www.jogja-sewamobil.comBerwisata di Yogyakarta membuat kebanyakan wisatawan memilih lokasi wisata yang disesuaikan dengan tujuan. Jika wisatawan yang berlibur sekedar untuk melepas penat dan lebih ingin ke suasana alam, pengunjung bisa mendatangi wisata pantai di Gunungkidul maupun wisata air terjun di Jogja. Akan tetapi jika pengunjung ingin berlibur dengan memanfaatkan akhir pekan dengan berwisata edukasi bisa dengan mendatangi museum. Museum di Yogyakarta ini jumlah tidak hanya beberapa namun banyak sekali museum. Museum-museum yang ada tentu ada hubungannya dengan sejarah Yogyakarta yang pernah menjadi ibukota Indonesia. Salah satu museum yang bisa dikunjungi adalah museum Sandi.

Museum Sandi Yogyakarta adalah museum pertama da satu-satunya di dunia yang mengoleksi benda-benda serta peralatan untuk mengirimkan pesan rahasia. Museum ini merekam segala persandian yang ada di Indonesia dan dunia. Lokasinya berada di Jalan FM Noto, Kotabaru. Yogyakarta atau bekas gedung kantor Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah. Lokasinya sangat strategis sehingga bisa dikunjungi dengan Trans Jogja maupun kendaraan pribadi.

@Tripadvisor

Pemecahan Sandi Rahasia Jadi Tantangan

Museum ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai kode atau ingin memecahkan suatu sandi rahasia. Tidak ada salahnya jika Anda berkunjung ke lokasi ini. Konon museum ini didirikan dari kerjasama Lembaga Sandi Negara dengan Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata yang mana melebeli museum ini sebagai museum pertama dan satu-satunya di dunia yang mengoleksi peraltan untuk mengirimkan pesan rahasia.

Koleksinya antara lain buku kode sandi, telegraf, sampai pada mesin sandi yang dibuat oleh Indoensia atau juga luar negeri. Dahulu mesin yang digunakan untuk mengirimkan sinyal atau pesan penyerangan kepada musuh tanpa terdekteksi. Rupanya dari mesin-mesin inilah pejuang Indonesia berhasil merebut kembali daerah yang dikuasai oleh para penjajah.

Selain mesin pengirim sandi, di museum ini juga ada dokumen sandi, gambar, diorama, juga sepeda onthel tua yang juga digunkana oleh kurir untuk mengirimkan pesan. Adalah satu hal yang menarik adalah adanya fasilitas multimedia yang menggunakan teknologi layar sentuh atautouchscreen. Dari fasilitas ini pengunjung diajak bermain secara interaktif untuk meemcah sandi dan kode yang ada.

Jam Buka Museum Sandi

Selama berkunjung ke museum ini, pengunjung tidak perlu khawatir karena akan dipandu oleh pemandu yang akan mejelaskan mengenai seluk-beluk koleksi museum. Jam buka museum sandi ini mulai dari jam 08.00 setiap hari Senin hingga Jumat. Untuk akhir pekan museum ini bisa dibuka asalkan ada konfirmasi dari pengunjung. berkunjung ke museum ini tidak dikenakan biaya apapun alias gratis. Suatu wisata edukasi yang sangat menarik tanpa haru mengeluarkan banyak keuangan. Baca juga artikel yang lain di Jogja seperti Museum Rumah Sakit dr Yap. Kita juga menyediakan jasa sewa mobil di Jogja dan Paket wisata di Jogja dengan harga yang kompetitif banyak pilihan dari durasi dan berbagai macam mobil yang sesuai dengan kebutuhan anda dan kami akan menjadi teman perjalanan anda.