www.jogja-sewamobil.com – Satu lagi lokasi pantai yang menjadi dambaan para penikmat pantai. Pantai Mbirit merupakan salah satu pantai dengan kategori pantai tersembunyi di wilayah Gunungkidul bagian barat. Lokasi pantai Mbirit ini mulai diketahui dari adanya pengembangan pantai Butuh yang berada di sebelah barat. Pantai ini juga mempunyai karakter pantai kecil dengan diapit oleh dua buah tebing bebatuan karang.

Pantai Mbirit berada di dusun Bedalo, desa Krambilsawit, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul, DI. Yogyakarta. lokasi pantai Mbirit ini berada di wilayah kecamatan Saptosari atau sebelah barat daya kota Wonosari. Pantai ini berada di sebalah timur pantai Butuh dan juga barat Pantai Ngluwen.

Akses Pantai Mbirit

Pantai ini bisa dengan mudah ditempuh arah ke pantai Ngeden. Kemudian menuju ke jalan cor semen untuk selanjutnya bertemu pertigaan jalan yang mana arah kiri menuju ke pantai Ngeden dan arah kanannya menuju ke pantai Butuh.

Salah satu jalannya menuju ke Patai Mbirit ini adalah dari pantai Butuh selanjutnya pengunjung bisa melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Sekitar 15 menit pengunjung bisa mendapati pantai indah yang tidak begitu luas dibanding dengan pantai Indrayanti aupun pantai lainnya.

Bentuk khas pantai ini diapit oleh bebatuan karang yang seolah menjadi pengawal pantai ini. jenis pantai ini mirip dengan pantai Torohudan dan pantai Wohkudu yang mana masih dalam satu kecamatan yang sama. Akan tetapi ukuran pantai inni lebih kecil daripada saudaranya tersebut.

Salah Satu Pantai Tersembunyi

Oleh karena itu, banyak yang mengatakan pantai Mbirit ini adalah salah satu pantai tersembunyi sebagai surga kecil yang jarang ditemui oleh banyak pengunjung. Pasir putih pantai tidak terlihat polos. Butirannya ditemani oleh bebatuan karang yang cukup besar hingga dua meter. Tebing yang terlihat semakin terkikis juga menandakan ombak lautan yang setiap harinya menerjang. Jika terlihat dari jauh mungkin akan mirip dengan goa, namun kedalamannya hanya sedikit jadi lebih bisa dibilag cekungan saja.

Ombak pantai juga menunjukkan kekhasan pantai selatan Jawa ini. kala pasang, ombak akan mendekat ke bebatuan karang, namun kala surut ombak akan menuju kea rah lautan mendekat jurang lautan yang dalam di tepian dasar pantai.

Pantai yang juga dikenal memiliki ombak garang ini tidak memperkenankan siapapun untuk mandi. Alasannya mungkin karena tidak ada celah penyelamatan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Pantai kecil ini sayangnya tidak begitu menarik kala pagi maupun petang karena pantai ini terhalang oleh bukit yang membuatnya tidak bisa menampakkan sunset indah maupun sunrise kala pagi.

Namun menikmati pantai Mbirit ini memang lebih asyik kala siang karena mentari akan menyinari kawasan pantai dari sisi timur hingga barat. Lepas dari pantai Mbirit ini pengunjung bisa melanjutkan perjalanan menuju ke pantai disebelahnya yakni pantai Ngluwen.

Sudahkah mengunjungi pantai Mbirit ini?  jaga selalu kebersihan jika berkunjung dan sempatkan untuk membawa perbekalan yang cukup. Baca juga artikel yang lain tentang kuliner di Jogja seperti Belajar Tentang Kelautan Di Museum Bahari Yogyakarta. Kita juga menyediakan jasa sewa mobil di Jogja dan paket wisata di Jogja dengan harga yang kompetitif banyak pilihan dari durasi dan berbagai macam mobil yang sesuai dengan kebutuhan anda dan kami akan menjadi teman perjalanan anda.