Menikmati Makanan Tradisional Pecel Kembang Turi Di Imogiri, www.jogja-sewamobil.com – Wisata ke Jogja berarti tidak sekedar wisata alamnya saja, namun juga berwisata lain seperti wisata belanja, wisata sejarah, dan juga wisata kuliner. Jogja memang tempat mencicipi kuliner khas yang melegenda namun esensinya masih berdiri malah justru digandrungi para wisatawan. Di bantul sendiri khususnya Imogiri adalah makanan khas yang menggugah dan membuat orang penasaran yakni Pecel Kembang Turi.

Pecel Kembang Turi adalah suatu makanan yang cukup unik karena jika pecel pada umumnya menggunakan sayur-sayuran seperti kangkung, kacang panjang, ataupun sayur kol dan lainnya, di Imogiri ini pecel yang ada mempunyai komposisi kembang turi.

Bunga yang memang cukup banyak ditemukan di pedesaan ini dimafaatkan oleh masyarakat setempat sebagai menu makanan yang disiram sambel kacang. Rasa kembang turi ini nikmat, sedikit pahit, namun lembut dan lezat.

Ada Aroma Kembang Turi

Kembang turi yang dikukus ini juga mengeluarkan aroma harum khas yang tentu bisa menambah cita rasa kuliner yang satu ini. Suatu makanan spesial yang mana biasanya pecel menggunkan bayam, kecambah, maupun dedaunan lain. Pecel kembang turi berhasil mencuri rasa penasaran bagi penikmatinya.

Bisa dikatakan suatu hal lebih jika berwisata ke daerah pedesaan apalagi ke Imogiri. Daerah yang terkenal dengan wisata alamnya kekinian maupun identic dengan makam raja-raja Mataram di Imogiri ini ,mempunyai kuliner khas yang sayang untuk dilewatkan.

Pada dasarnya, pohon turi ini tidaklah sulit untuk ditanam dan tidak memerlukan perawatan khsusu. Apalagi biasanya tanaman ini dapat ditemukan di sepanjang jalanan desa maupun di pematang sawah. Jika suatu tanaman kembang turi ini tumbuh dilingkungan yang sesuai, pohon turi dapat tumbuh hingga mencapai keitnggian delapan meter lho.

Meskipun biasa digunakan sebagai rekan si pecel yang terkenal akan bumbu kacangnya, bunga turi yang dijadikan santapan juga harus dipilih yang memiliki kualitas bagus. Biasanya berwarna putih, kuning pucat, juga ada yang memiliki warna merah menyala.

 

Pecel Kembang Turi Imogiri

Apabila Anda penasaran untuk mencoba kuliner unik yang satu ini. Anda bisa mengunjungi kawasan Imogori atau mampir setelah berwisata ke daerah hutan pinus Mangunan, Kebun Buah Mangunan, maupun curug-curug yang ada di daerah ini.

Imogiri ini merupakan daerah pedesaan yang memiliki kesegaran udara khas pedesaan. Menyantap kembang turi sebagai menu pemadam rasa lapar Anda adalah pilihan yang tetap. Atau selepas berkunjung dari makam Imogiri, adalah warung sederhana yang menjajakan kuliner satu ini di dekat makam.

Kapan lagi bisa menikmati kuliner unik dan nikmat di Jogja kalau tidak sewaktu mempunyai kesempatan berkunjung ke Jogja? Selain kembang turi, ada juga wisata kuliner ekstrim maupun nikmat lain di wilayah Bantul apalagi di Imogiri. Salah satu wisata yang diburu adalah Sate Klathak, sebagaimana yang pernah numpang tenar di film AADC 2. Baca juga artikel kami mengenai kuliner di Jogja seperti Mi Ayam Tumini.