Walau Tampilannya Kurang Bagus Tapi Wedang Uwuh Menyehatkan, www.jogja-sewamobil.com – Ingin memiliki badan sehat? anda harus berkaca apa saja yang masuk ke dalam tubuh anda. Jika berkunjung ke Jogja dan belum menemukan makanan maupun minuman khas yang ada di daerahnya masing-masing akan terasa separoh kebahagiaan kita hilang gaes. Kalau Gudeg sudah tidak asing lagi bagi kamu, bagaimana dengan wedang uwuh? Pernahkan kamu mencoba minuman hangat berkhasiat dari Bantul ini?

Wedang Uwuh Imogiri merupakan minuman hangat dari kabupaten selatan kota Jogja yakni Bantul. Wedang ini mempunyai khasiat yang baik untuk kesehatan. Bahan dasarnya adalah aneka dedaunan dan juga rempah-rempah yang mana jika dilihat tampilannya seperti sampah.

This image has an empty alt attribute; its file name is wedang-uwuh-4.jpg

Mengapa Wedang Uwuh Disebut Sampah?

Uwuh atau berarti sampah, menjadi kata untuk minuman ini. tapi bukan sembarang sampah gaes. Minuman khas Bantul ini menjadi favorit bagi para pengunjung yang sedang berada di kawasan Imogiri. Wedang uwuh ini terdiri dari beberapa ramuan tradisional seperti jahe, secang, kayu manis, sereh, daun jeruk, dan juga daun-daun berkhasiat lainnya. Ketika diseduh wedang ini akan Nampak seprti sampah yang bertumpuk. Oleh karena itu minuman hangat ini disebut dengan wedang uwuh alias wedang sampah.

Namun asal mula penamaannya berasal dari para abdi dalem yang mengumpulkan jenis dedaunan di kompleks makam raja-raja Imogiri untuk kemudian diseduh. Jika dedaunan tersebut nampak tak berguna namun di minuman ini dedaunan tersebut menjadi dedaunan yang berkhasiat untuk menghangatkan badan.

Tidak salah memang jika khasiat wedang uwuh Jogja ini ada pada kesehatan. Warna merah yang Nampak di wedang ini berasal dari serutan secang. Selanjutnya untuk menemai kombinasi wedangnya ditambah rasa pedas jahe, manis gula batu dan tanaman herbal lainnya.

Minuman ini memang lebih cocok diminum pada saat malam atau saat cuaca dingin seperti hujan. Selain juga menghangatkan tenggorokan, wedang uwuh khasiatnya digunakan untuk menghangatkan badan karena kandungan rempahnya dan juga daun-daun herbalnya tersebut yang memberikan dampak hangat dan baik untuk kesehatan.

Lokasi

Kalau kamu ingin menikmati sajian wedang uwuh ini, kalian bisa mengunjungi kawasan kecamatan Imogiri. Dekat dari kompleks makam raja-raja Imogiri terdapat banyak penjual di berbagai titik yang menjajakan wedang uwuh ini. wisatawan juga bisa menjadikan bahan-bahan dari wedang uwuh ini sebagai oleh-oleh. Aneka rempah dan dedaunan tersebut biasanya akan dikemas di dalam plastic kecil. Selanjutnya kamu bisa menyeduhnya sendiri di rumah.

Selain makanan khas memburu minuman khas juga tidak kalah mengasyikan seperti minuman khas Kulon Progo yang unik dan pastinya membuat kaget dan penasaran yakni ada Dawet Sambel. Selain itu masih banyak sentra makanan khas lain yang perlu kamu datangi ketika di Bantul gaes seprti Mie Lethek, Mie Penthil, Mangut Lele, dan beberapa makanan khas lainnya. Baca juga artikel yang lain di Jogja seperti Wisata Baru Di Yogyakarta. Kita juga menyediakan jasa sewa mobil Jogja dan paket wisata Jogja dengan harga yang kompetitif banyak pilihan dari durasi dan berbagai macam mobil yang sesuai dengan kebutuhan anda dan kami akan menjadi teman perjalanan anda.