Wisata Edukasi Yogyakarta Di Taman Pintar, www.jogja-sewamobil.com – Jika anda berkunjung ke Yogyakarta tentunya sudah merencanakan atau sudah mengatur jadwal liburan. Bagi anda yang mau liburan bersama keluarga anda bisa mengunjungi wisata ini dengan banyak permainan dan ilmu pengetahuan. Kelak putra-putri anda akan mendapatkan ilmu pengetahuan baru seperti sains dan yang lainnya. Taman Pintar Yogyakarta merupakan satu dari beragam dari wisata pendidikan atau wisata anak yang ada di Yogyakarta. Berkunjung ke Yogyakarta akan menjadi lengkap jika ikut berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta. Wisata ini memang menjadi wisata yang cocok untuk keluarga dan anak-anak.

Bangunan di Taman Pintar Yogyakarta ini mengesankan nuansa modern dan tradisional. Taman ini menjadi wahana belajar dan rekreasi yang cukup lengkap bagi anak-anak. Mulai dari anak usia pra sekolah hingga sampai tingkat menengah, Taman Pintar menjadi obyek wisata yang cukup menarik untuk belajar dari wahana-wahana yang berada di obyek ini.

Dibangun Di Atas Tanah Seluas 12.000 meter persegi Dari Gagasan Walikota Yogyakarta

Berdirinya Taman Pintar merupakan gagasan dari Walikota Yogyakarta yakni Herry Zudianto SE, MM yang kemudian dibangun di atas tanah seluas 12.000 m2. Wisatawan yang berkunjung ke lokasi pasti tidak sabar untuk menjelajah permainan maupun hasil karya teknologi dan wahana edukasi lainnya.

Ide dari Taman Pintar ini terinspirasi dari berdirinya pusat peragaan IPTEK yan berada di Taman mini Indonesia Indah di Jakarta. Kemudian pengembangannya ditiru oleh beberapa daerah lain seperti di DIY dan Jawa Timur. Kemudian juga disusul oleh daerah lain untuk membangun wisata yang berorientasi pada pendidikan anak-anak.

Taman Pintar dibangun pada bulan Mei 2006 kemudian pada 9 Juni 2007 kawasan wisata edukasi ini berhasil diresmikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta yakni Sultan Hamengku Buwno X bersama dengan Menteri Riset dan Teknologi, Kusmayanto Kadiman, P.hD dan menteri Pendidikan Nasional Prof. Dr. Bambang Sudibyo, MBA.

Sebuah taman yang memadukan konsep pendidikan dengan permainan media sangat menarik dan merangsang rasa ingin tahu juga kreativitas terhadap IPTEK. Mascot Taman Pintar yang berupa “Burung Hantu Memakai Blangkon” ini mengartikan burung hantu tersebut mempunyai kepekaan tinggi, sanggup merasakan dan juga mempelajari keadaan alam serta lingkungan yang berada di sekitarnya. Adapun Blangkon merupakaan pakaian adat Yogyakarta sebagai penutup kepala laki-laki.

Motto Taman Pintar Tergagas Atas 3N Dari Ki Hajar Dewantara

Motto yang digagas di Taman Pintar ini mengambil 3N dari Ki Hajar Dewantara yakni: Niteni(mengingat/memahami), Nirokake (menirukan), dan Nambahi (mengembangkan). Untuk proses pengembangannya mereka mengacu pda konsep 3A yakni Adopt, Adapt, dan Advance.

Taman Pintar berisi materi yang terbagi menurut kelompok usia dan penekanan materi. Keduanya disampaikan dalam bentuk interaksi antara pengunjung dan materi yang disampaikan melalui anjungan pengenalan, anjungan pengenalan ilmu-ilmu dasar, anjungan permain dan anjungan penerapan IPTEK.

Konsep pembelajaran yang digunkaan pada taman ini pada umumnya bertujuan untuk meningkatkan mutu penguasaan materi pendidikan yang diberikan di sekolah yang ditengah menurunnya minat baca dari masyarakat dan anak-anak khususnya.

Melalui model alat peraga, anak-anak tentu lebih tertarik untuk mengembangkan kemampuannya. Oleh karena itu anak-anak akan menyelesaikan bermacam permasalahan dengan pola pikir mereka sendiri. Kemudian orang tua aktif dalam memilih wahana pembelajaran dan permainan yang sesuai usia anak.

Taman pintar dibangun dengan total biaya Rp. 53 Milyar. Bangunan ini berisis dengan enam zona yang terdapat isi materi antara lain Gedung Memorabilia, Gedung Kotak lantai 2, Gedung Oval lantai 2, Gedung Oval lantai 1, Gedung Paud barat dan timur, serta Playground Area.

Zona-zona yang mempunyai beberapa wahana seperti Taman Bermain, Penjelajah Kecil, Titian Penemuan, Petualangan Lingkungan, Jembatan Sains, Titisan Sains, Indonesiaku, Teknologi canggih dan Populer. Baca juga tempat edukasi di Yogyakarta yang lain seperti Belajar Lebih Jauh Tentang Isi Bumi Di Museum Geoteknologi Yogyakarta.

Area untuk bermain anak-anak sangatlah luas, seperti di wahana taman bermain anak. Yang mana ruangan ini public bagi pengunjung dan berfungsi sebagai ruang tunggu. Di tempat tersebut anak-anak juga dapat belajar mengenai sains seperti cakram warna, dinding berdendang dan permainan air.

Lokasi Taman Pintar

Lokasi Taman Pintar ini cukup strategis yakni berlokasi di Jalan Panembahan Senopati No. 3, Yogyakarta. tepatnya berada di sebelah timur Benteng Vredeburg dan tidak jauh dari Malioboro. Lokasi ini dahulu dugunakan untuk Shopping Center yang saat ini dipindah sebelah utara Taman Pintar ini yang mana bersebelahan dengan Taman Budaya Yogyakarta.

Untuk harga tiketnya lokasi Playground Area ini gratis, Gedung Barat dan Timur untuk anak usia 2-7 tahun dikenakan tarif Rp. 1.000, Gedung Oval dan Kotak untuk anak usia 5-18 tahun dikenakan biaya Rp. 5.000, dewassa Rp. 10.000 per pengunjung. sementara itu Gedung Memorabilia untuk anak-anak dikenakan Rp. 1.000 dan Dewasa Rp. 2.000.

Fasilitas yang ada di Taman Pintar ini sudah cukup banyak yakni adanya Mushola, Laboratorium, Perpustakaan, Toilet, Ruang Pertunjukan Indoor dan Outdoor, Kiosk Souvenir, Toko Buku dan juga halaman parkir yang memadai. Anda ingin mengunjungi tempat seru ini?.. Kami siap mengantar anda beserta keluarga dengan layanan Renta Mobil Jogja dengan berbagai jenis armada yang kami siapkan sesuai dengan kebutuhan anda. Selain rental mobil kami juga menyediakan Paket Tour Jogja dengan berbagai durasi dan pilihan banyak tempat wisata yang menjadi favorit tempat liburan anda.